Mengapa Menjadi Perawat?

Banyak alasan bagi anda untuk menjadikan perawat sebagai profesi seumur hidup. Alasan-alasan tersebut tentu saja bersifat sangat mulia dan demi menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Tetapi sebelumnya, sudah sadarkah anda bahwa menjadi seorang perawat berarti anda siap untuk bekerja keras dan dalam waktu yang bersamaan menghadapi paparan berbagai macam penyakit terhadap diri anda; memberikan perhatian dan pertolongan bagi orang lain yang membutuhkan tidak hanya beberapa jam dalam sehari tetapi 24 jam dalam seminggu; hal ini berarti kehilangan banyak hari-hari libur dan beberapa hari penting dalam hidup anda demi menjalankan profesi anda; dan bekerjasama dengan berbagai macam tim kesehatan yang terkadang lebih bersikap sebagai lawan daripada sebagai kawan bagi anda? Jika hal-hal tersebut tidak menjadi ancaman bagi anda, saya rasa anda sudah lulus di test permulaan untuk menjadi perawat, selamat!

Profesi perawat berfokus dalam memberikan asuhan keperawatan kepada orang lain yang membutuhkannya. Tujuan dari asuhan keperawatan yang paripurna adalah agar pasien memperoleh dan mempertahankan kondisi atau derajat kesehatan yang optimal seiring dengan meningkatkan kemampuan pasien dalam melaksanakannya secara mandiri. Perawat dapat dikatakan sebagai komunitas kontemporer yang mempunyai peran penting ditengah-tengah masyarakat. Perawat mendukung masyarakat dengan cara memberikan pendidikan dan informasi kesehatan, konsultasi kesehatan dan melaksanakan praktik keperawatan untuk membebaskan pasien dari penderitaan rasa sakit, dan hal ini dilakukan oleh perawat bagi masyarakat atau pasien dari segala rentang usia baik di area klinik maupun non klinik.

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang perawat, pastikan bahwa hal tersebut anda putuskan dengan matang dan bukan semata-mata mewujudkan impian masa kecil anda untuk menjadi perawat yang senantiasa memakai seragam putih, kap diatas kepala dan bekerja membantu sesama yang membutuhkan pertolongan dengan senyum yang menawan. Untuk menjalani profesi sebagai perawat dibutuhkan sejumlah besar dedikasi dan devosi yang mendalam karena perlu disadari bahwa perawat bukanlah sekedar jenis pekerjaan, tetapi profesi yang melekat dalam diri anda, bahkan seumur hidup anda!

Leave a comment